Graphic Desain

Graphic Design Principles


  1. Metaphor    (Metafora)
  2. Clarity         (Kejelasan)
  3. Consistency (Ketetapan)
  4. Alignment    (Perataan)
  5. Proximity     
  6. Contrast       (Keserasian/Keselarasan/Kesinambungan)

Disini saya akan mencoba menjelaskan prinsip-prinsip design yang ada diatas, serta menberikan pendapat atau alasan tentang blog saya  (
rossianaochi.blogspot.com) prinsip-prinsip design apa saja yang terdapat pada blog saya.



  • Metaphor (Metafora)

  • Metaphor atau seringdisebut juga dengan metafora adalah aplikasi dari nama atau deskripsi istilah objek lain yang tidak dapat diartikan secara harafiah. Metaphor biasanya menghubungkan presentasi dan elemen-elemen visual dengan item-item yang berkaitan. Metaphor akan membuat para pengunjung seolah-olah berada di tempat yang sebenarnya, atau bisa dikatakan juga bahwa metafora dibuat mirip seperti tempat yang dikunjungi.

                 Contoh website (rossianaochi.blogspot.com) yang saya berikan di dalam website/blog tersebut tidak mengandung unsur prinsip metaphor,sebab desain yang digunakan dalam blog tersebut biasa saja/ simple dikarena blog/website tersebut hanya diperuntukan meletakkan artikel - artikel saja.


    1. Clarity (Kejelasan) 

    2. Clarity atau kejelasan, Harus ada alasan yang kuat/masuk akal dan jelas mengapa menggunakan setiap elemen yang berada dalam suatu interface yang kita buat.


                Contoh dalam peletakan suatu button,pembuat harus memiliki alasan mengapa diletakkan di tempat tersebut. Penggunaan elemen yang lebih sedikit akan lebih baik. Penggunaan warna ungu membuat mata tidak lelah dengan aktifitas elemen yang ada pada satu website/blog tersebut dengan background dan tamplet serasi menggunakan warna ungu soft. Sedangkan untuk blog/website (rossianaochi.blogspot.com) yang saya tunjukkan mungkin designya akan terlihat biasa saja tetapi tidak melelahkan mata saat melihatnya, karena tamplet yang digunakan saya buat sesederhana mungkin agar saat berkunjung user tidak lelah melihatnya selain itu saya membuat agar user saat berkunjung ke blog/website tersebut untuk membaca sebuah artikel tidak akan bingung. 


    3. Consistency (Ketetapan)

    4.  Konsistensi dalam tampilan, pewarnaan, gambar, icon, typography (model form yang digunakan pada suatu website/blog), teks, dll. Harus ada konsistensi baik dalam layar maupun antar layar. Dan harus selalu ada metafora dimanapun juga. Setiap platform mungkin memiliki panduannya. Tetapi untuk blog (rossianaochi.blogspot.com) ini sudah konsistensi dan penampilannya memenuhi kriteria yang baik  dalam sebuah website/blog, dari imagenya, color, dan icon dan jenis teks lainnya.


      1. Alignment    (Perataan)

      2. Untuk perataan dapat digunakan rata kiri, kanan atau tengah. Pada umumnya suatu teks pada website dimulai dari kiri atas (left alignment), dimana left alignment akan mengijinkan mata untuk menguraikan tampilan dengan lebih mudah. Selain itu dengan menggunakan bantuan garis akan membantu dalam hal perataan. Sembunyikan garis horizontal dan vertical untuk membantu mengalokasikan komponen window/jendela. Garis juga membantu menghubungkan hal-hal yang berhubungan dan memudahkan perataannya. Blog/website ini (rossianaochi.blogspot.com) sudah memenuhi kriteria, dalam kriteria Perataan. Karena tampilan untuk teks baru yang berada di blog tersebut sudah menggunakan rata kiri,kanan ataupun tengah.

      3. Proximity

      4. Item-item yang berkaitan yang ditampilkan bersama pasti memiliki hubungan karena jarak yang jauh mengimplikasikan bahwa tidak ada hubungan antara item-item tersebut.

               Didalam artikel mungkin biasanya ada sebuah artikel yang penting dan lanjutan dari artikel tersebut berbeda halaman tetapi di blog/website (rossianaochi.blogspot.com) yang saya membuat ada kaitannya antara item/artikel satu dengan artikel lain. Sehingga pembaca tidak kesulitan saat ingin membaca artikel tersebut.



        1. Contrast       (Keserasian/Keselarasan/Kesinambungan)

        2. Keserasian tampilan yang akan membuat pengunjung web tertarik pada web tsb. Kontras juga dapat memandu mata pengunjung untuk melihat keseluruhan interface. Keuntungan dari keserasian adalah untuk memperkuat fokus atau untuk memperkuat suatu interface. Kontras digunakan untuk membedakan aktifitas kendali. Juga dapat digunakan untuk men-set item yang paling utama. Item yang paling utama diberi highlight. Dengan mempergunakan geometri dapat membantu pengurutan. Kontras juga mendukung skimming secara cepat.

                   Untuk contrast pada blog/website (rossianaochi.blogspot.com) yang saya berikan sudah tepat karena warna antara beckground dengan gambar yang ada sudah serasi, sedangkan yang diberikan pada tamplet tidak bermasalah terutama saat kita lihat adda gradasi warna pada tamplet sebelah kanan gradasi tersebut tidak menjadi pengganggu dan menurut saya warna yang diberikan pada beckground, tamplet, gambar, dan tulisan sudah blance dan sudah terlihat serasi/contrast sebab warna yang diberikan terlihat lebih soft .

            Comments

            Popular posts from this blog

            Standar Iso

            Aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam membuat Desain Sistem / Software

            Apakah Virtual Reality (VR) dan Video Conference masuk kedalam telematika?