Organisasi dan tujuan Organisasi perusahaan

1.       Pengertian organisasi

Organisasi pada umumnya memiliki paling tidak 2 pengertian. Pertama. Organisasi menunjuk pada suatu tipe kolektivitas yang mapan untuk mencapai suatu tujuan khusus, yang ditandai oleh adanya suatu struktur aturan yang formal, hubungan kewenangan, pembagian kerja dan pembatasan keanggotaan. Istilah ini terutama menunjuk suatu organisasi berskala besar atau organisasi yang kompleks, yang meliputi semua aspek kehidupan sosial dalam masyarakat modern. Kedua. Organisasi menunjuk pada suatu aktivitas sosial yang teratur dengan tujuan tertentu. Dalam pengertian ini, organisasi memiliki implikasi  pada kemampuan untuk mengontrol hubungan antarmanusia untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Pada kenyataannya masih terdapat banyak lagi definisi tentang organisasi dari banyak ahli di berbagai bidang. Sutarto dalam bukunya Dasar-dasar Organisasi” (1981) menemukan perbedaan penekanan dari berbagai definisi tentang organisasi yang dikemukakan oleh para ahli, yaitu definisi tentang organisasi dengan penekanan pada:
1.      kumpulan orang
2.
      proses pembagian kerja
3.
      sistem kerjasama, sistem hubungan atau sistem sosial.

*   Menurut   James D.Mooney (1974)

“Organization is the form of every human association for the attainment of  common purpose”
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai dan tujuan bersama

*Menurut Ernes Dale (1952)

Organisasi adalah suatu proses perencanaan. Ini bertalian dengan hal menyusun, mengembangkan dan memelihara suatu struktur atau pola hubungan-hubungan kerja dari orang-orang dalam suatu badan usaha

Berikut ini contoh definisi tentang organisasi, terutama dari disiplin ilmu administrasi dan manajemen.

a.   Definisi organisasi dengan penekanan pada kumpulan orang    
  1. James D. Monney dalam bukunya The Principle of Organization” menyatakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk pencapaian suatu tujuan bersama
  2. Ralp Currier Davis dalam bukunya “The Foundation of Top Management” menyatakan bahwa organisasi adalah suatu kelompok orang yang sedang bekerja ke arah tujuan bersama di bawah suatu kepemimpinan tertentu.
  3. Ernest Dale dalam bukunya Planning and Developing the Company Organizations Structure menyatakan bahwa organisasi adalah suatu proses perencanaan. Hal ini berkaitan dengan menyusun, mengembangkan dan memelihara atau struktur atau pola hubungan-hubungan kerja dari orang-orang dalam suatu badan usaha/perusahaan.
  4. Alvin Brown dalam bukunya Organization: A Formulation of Principles menyatakan bahwa organisasi merumuskan pembagian kerja yang diharapkan dilakukan masing-masing anggota dari suatu badan usaha dan hubungan-hubungan di antara para anggota dengan maksud agar usaha bersama mereka menjadi paling efektif bagi tujuan dari badan usaha itu.
b.   Definisi organisasi dengan penekanan pada proses pembagian kerja

  1. Harleigh Trecker dalam bukunya Group Process in Administration menyatakan bahwa organisasi adalah tindakan atau proses menghimpun atau mengatur kelompok-kelompok yang saling berhubungan dari berbagai bagian ke dalam satu keseluruhan yang bekerja.
  2. Cyril Soffer dalam bukunya Organization in Theory and Practice menyatakan bahwa organisasi adalah perserikatan orang yang masing-masing diberi peranan tertentu dalam suatu sistem kerja dan pembagian kerja, dimana pekerjaan dibagi bagi menjadi perincian tugas, diberikan di antara pemegang peranan dan digabung dalam beberapa bentuk hasil.
  3. Edgar Schein dalam bukunya Organisation Psychology”  menyatakan bahwa organisasi adalah koordinasi yang rasional dari aktivitas-aktivitas sejumlah orang untuk mencapai beberapa tujuan yang jelas, melalui pembagian kerja dan fungsi serta melalui jenjang wewenang dan tanggung jawab
  4. Theo Haimann dalam bukunya Profesional Management” menyatakan bahwa organisasi berarti penentuan dan penugasan kewajiban-kewajiban kepada orang-orang, dan juga penentuan dan pemeliharaan hubungan wewenang antara berbagai aktivitas yang dikelompokkan.
Daftar isi : 
                         Sutarto. 1989. Dasar-dasar Organisasi. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

2 .Tujuan Organisasi 
Sebelum organisasi menentukan tujuannya, terlebih dulu menetapkan misi / maksud organisasi. Misi adalah suatu pernyataan umum dan abadi tentang maksud organisasi. Sedangkan Misi organisasi adalah maksud khas (unik) dan mendasar yang membedakan organisasi dari organisasi-organisasi lainnya dan mengidentifikasikan ruang lingkup operasi dalam hal produk dan pasar.

A Etzioni mendefinisikan tujuan organisasi sebagai :
1.       Suatu pernyataan tentang keadaan yang diinginkan dimana organisasi bermaksud untuk merealisasikan
2.      Pernyataan tentang keadaan di waktu yang akan datang di mana organisasi sebagai kolektifitas mencoba untuk menimbulkannya

B.  unsur penting tujuan adalah :
1.       Hasil-Hasil akhir yang diinginkan di waktu mendatang dengan mana
2.      Usaha-uasaha / kegiatan-kegiatan sekarang diarahkan
Tujuan dapat berupa tujuan umum / khusus , tujuan akhir / tujuan antara. Tujuan Umum (tujuan strategic) secara operasioanal tidak dapat berfungsi sebelum dijabarkan terlebih dahulu kedalam tujuan-tujuan khusus yang lebih terperinci sesuai dengan jenjang manajemen, sehingga membentuk hirarki tujuan.

Comments

Popular posts from this blog

Standar Iso

Aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam membuat Desain Sistem / Software

Apakah Virtual Reality (VR) dan Video Conference masuk kedalam telematika?