PERILAKU KONSUMEN
Kuis 3
- Apa yang dimaksud dengan prilaku konsumen
# Perilaku konsumen adalah
proses dan aktifitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan,
pembelian, penggunaan, serta pengevalusian produk dan jasa demi memenuhi
kebutujan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari
konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
2.Mengapa
perilaku konsumen perlu di kaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau
industry ?
# Untuk Mendesain bauran
pemasaran,Mensegmen pasar bisnis,Memposisikan dan mendeferensiasikan
produk,Melaksanakan analisis lingkungan,Mengembangkan studi riset pasar
3.
Jelaskan
pendekatan yang dapat digunakan dalam analisa perilaku konsumen ?
# Terdapat tiga pendekatan utama dalam meneliti
perilaku konsumen.
Pendekatan pertama adalah
pendekatan interpretif.Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku
konsumsi dan hal yang mendasarinya. Studi dilakukan dengan melalui wawancara
panjang dan focus group discussion untuk memahami apa makna sebuah produk dan
jasa bagi konsumen dan apa yang dirasakan dan dialami konsumen ketika membeli
dan menggunakannya.
Pendekatan kedua adalah
pendekatan tradisional yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi
kognitif, sosial, dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi.Pendekatan ini
bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perliku dan
pembuatan keputusan konsumen. Studi dilakukan melalui eksperimen dan survey
untuk menguji coba teori dan mencari pemahaman tentang bagaimana seorang
konsumen memproses informasi, membuat keputusan, serta pengaruh lingkungan
sosial terhadap perilaku konsumen.
Pendekatan ketiga disebut
sebagai sains marketing yang didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi
dan statistika.Pendekatan ini dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba
model matematika berdasarkan hirarki kebutuhan manusia menurut Abraham Maslow
untuk memprediksi pengaruh strategi marketing terhadap pilihan dan pola
konsumsi, yang dikenal dengan sebutan moving rate analysis.
Ketiga pendekatan sama-sama
memiliki nilai dan tinggi dan memberikan pemahaman atas perilaku konsumen dan
strategi marketing dari sudut pandang dan tingkatan analisis yang berbeda.
Sebuah perusahaan dapat saja menggunakan salah satu atau seluruh pendekatan,
tergantung permasalahan yang dihadapi perusahaan tersebut.
4.
Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen ?
jawab : Faktor Sosial :
Grup,Pengaruh Keluarga,Peran dan Status. Faktor Personal : Situasi Ekonomi,Gaya
Hidup,Kepribadian dan Konsep Diri,Umur dan Siklus Hidup,Pekerjaan. Faktor
Psikologi : Motivasi,Persepsi,Pembelajaran,Beliefs and Attitude. Faktor
Kebudayaan : Subkultur dan Kelas Sosial.
5.
Bagaimana
menyikapi masalah perilaku konsumen ?
jawab : Sebaiknya konsumen
tidak mudah terpengaruh keinginan sesaat, telitilah sebeum membeli, apakah
barang yang akan kita beli itu termasuk kebutuhan atau keinginan dan apakah
bermanfaat untuk kita. Selain itu kurangi pembelian barang yang kurang perlu
untuk mengurangi pengeluaran dan mencegah kita menjadi konsumen yang konsumtif.
Sumber:
http://jasablogweb.com/kuis-materi-perilaku-konsumen-dan-produsen.html
http://iokaw.blogspot.com/2012/05/kuis-iii-perilaku-konsumen-1.html?m=1
Comments
Post a Comment